Tips Mudah Bermain Rafting Bagi Para Pemula

Siapa yang tidak tahu rafting? Sebagian orang pasti ada yang sudah tahu, akan tetapi sebagian yang lainnya kurang tahu dengan kata rafting, hal ini dikarenakan kata rafting merupakan bahasa keren yang biasa digunakan untuk menyebutkan salah satu olahraga arung jeram. Apakah kalian tahu apa itu arung jeram? Mungkin sebagian besar orang tidak akan asing dengan kata ini berbeda dengan kata rafting pada sebelumnya. Ya, untuk lebih memperjelas lagi mengenai rafting atau arum jeram, kami akan memberikan informasi terkait arum jeram, yang mana bisa diartikan sebuah aktivitas yang memadukan unsur berpetualang, olahraga, edukasi serta rekreasi yang dilakukan dengan mengarungi sungai yang berjeram dengan menggunakan media berupa boat karet, dan dayung.

Tips Jitu Untuk Memudahkan Bermain Rafting Pagi Pemula

Rafting atau yang biasa disebut dengan arung jeram merupakan suatu olahraga yang perlu mengandalkan adanya kekompakan dari kelompok. Yang mana agar perahu dapat berjalan dengan lancar perlu mengandalkan kerja sama dalam suatu tim. Hal ini dikarenakan kekompakan merupakan suatu kunci utama agar perahu dapat lancar melalui aliran sungai dari hulu sampai dengan hilir. Tidak bisa dibantah lagi bahwa arung jeram atau rafting merupakan suatu olahraga yang penuh dengan risiko, akan tetapi setiap orang pasti akan bisa melakukannya jika sudah mengetahui trik jitunya walaupun masih dikatakan sebagai pemula.

Beberapa Tips Mudah Dan Aman Bermain Rafting Bagi Pemula

Adapun beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk dapat melakukan olahraga arung jeram atau yang biasa disebut dengan rafting dengan mudah walaupun dilakukan oleh pemula, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Keadaan tubuh yang harus dalam keadaan fit

Memiliki tubuh yang sedang fit atau sehat merupakan syarat yang utama dan paling pertama yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan olahraga rafting. Adanya arus yang sangat deras mengharuskan kita harus dalam kondisi yang sedang sehat untuk dapat menghindari adanya kecelakaan yang bisa saja terjadi, karena ketika kita bermain dengan tubuh sehat maka kita akan lebih aman dan tidak mudah lemah dan sakit.

  1. Menggunakan pakaian yang tepat

Agar kita merasakan nyaman pada saat melakukan rafting atau arum jeram, hal yang perlu kita lakukan ialah menggunakan pakaian yang tepat dan tentunya sesuai serta menggunakan alas kaki yang sesuai juga. Kita tidak perlu repot-repot mengenakan celana jeans yang panjang ataupun dress atau juga kemeja pada saat melakukan arung jeram, hal ini dikarenakan untuk kenyamanan dan keamanan, selain itu juga ketika arung jeram biasanya seluruh pakaian yang kita gunakan akan basah sehingga tidak perlu menggunakan baju yang special yang terpenting adalah nyaman dan tidak mengganggu perjalanan kita. Selain pakaian, yang perlu kita perhatikan dan pemakaiannya harus tepat ialah sandal atau alas kaki, kita dianjurkan untuk memakai sandal gunung yang bertali serta nyaman digunakan untuk kegiatan-kegiatan outdoor.

  1. Menggunakan atribut yang lengkap

Selain memiliki kondisi tubuh yang sedang sehat serta menggunakan pakaian yang tepat, trik jitu lainnya yang perlu kita lakukan adalah menggunakan atribut yang lengkap seperti menggunakan pelampung serta helm yang digunakan untuk mengurangi benturan. Walaupun sebenarnya kita telah mahir dalam hal berenang, akan tetapi untuk keselamatan kita, kita perlu melakukan antisipasi. Dalam pemilihan rompi pelampung, hendaklah memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran badan kita, tidak terlalu kecil serta tidak terlalu besar. Sedangkan pada saat pemilihan helm untuk kepala kita juga perlu memilih helm yang ukurannya sesuai dengan ukuran kepala kita jangan sampai memilih helm yang kendor, karena ditakutkan akan mudah lepas, serta tidak pula dianjurkan yang terlalu sempit karena ditakutkan akan melukai dagu.

  1. Melakukan pemanasan terlebih dahulu

Rafting atau yang biasa disebut dengan arung jeram merupakan suatu aktivitas yang bisa dikatakan full impact dan juga memiliki risiko yang tinggi yang mana nantinya tubuh akan mengalami beberapa macam guncangan yang cukup besar, sehingga sebelum kita melakukan rafting alangkah sebaiknya kita melakukan pemanasan terlebih dahulu. Yang mana pemanasan ini berguna untuk melemaskan otot-otot agar nantinya tubuh akan lebih fleksibel ketika mengalami guncangan. Pemanasan yang paling umum dilakukan adalah dengan melakukan rentangan dan tekukan pada kaki kanan dan kiri secara bergantian satu sama lain, selanjutnya dilakukan pemanasan pada area bagian leherĀ  seperti melakukan gerakan mengangguk-angguk, menggelengkan dan juga memutar secara bergantian. Selanjutnya diakhiri dengan lari-lari kecil dan juga melakukan lompat di tempat, hal ini dilakukan agar kita dapat menghindari beberapa macam cedera yang biasa terjadi seperti kram, keseleo, dan lain sebagainya.

  1. Posisi dan gerakan yang sesuai

Posisi yang tepat untuk melakukan rafting ialah duduk pada posisi tepi perahu, tidak pada tengah perahu, hal ini untuk dapat menjaga serta mengatur keseimbangan. Walaupun dayung yang digunakan seperti papan yang dasar, kita juga perlu memperhatikan posisi dengan baik hal ini dikarenakan jika tidak sesuai posisi bisa mengakibatkan kecelakaan. Hal yang paling penting untuk diperhatikan pada olahraga ini ialah pada kekuatan tangan yang mana kita juga perlu memposisikan diri terhadap gerak dayung yang digunakan, tidak menggerakkannya dengan posisi yang sembarangan.

  1. Tetap bersikap tenang apapun yang terjadi

Hal yang biasanya terjadi pada saat kita melakukan rafting atau arung jeram adalah perahu yang terbalik. Ketika perahu kita terbalik, kita tidak perlu panik ataupun cemas, tetaplah tenang karena pada perahu biasanya ada celah untuk kita bernafas. Selanjutnya untuk dapat menyelamatkan diri, hal yang perlu kita lakukan adalah dengan menyelam, yang mana menyelam merupakan cara terbaik agar kita bisa keluar dari perahu, akan tetapi pada saat menyelam kita juga perlu berhati-hati agar tidak terbentur dengan bebatuan yang ada di sekitar aliran sungai.

Nah, itulah tadi beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan agar bisa bermain arung jeram atau yang biasa disebut dengan rafting dengan mudah serta nyaman dan aman. Hal-hal tersebut sangat perlu kita perhatikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi pemula yang menginginkan untuk mencoba olahraga arung jeram ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!