Kuliner Khas Bali Yang Tak Boleh Terlewatkan!

Salah satu tempat destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing yang ada di Indonesia yaitu pulau Bali. Seperti halnya daerah lain, Anda juga akan menemukan berbagai macam pilihan kuliner khas Bali yang perlu Anda cicipi. Tak lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi kuliner khas Bali jika Anda sedang berlibur ke daerah tersebut.

Inilah Daftar Kuliner yang Wajib Dicoba Beserta Rekomendasi Tempatnya

Dari berbagai macam pilihan kuliner khas Bali yang ada, ada beberapa daftar kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Inilah daftar kuliner pilihan yang harus Anda datangi dan cicipi:

Ayam Betutu

Siapa sih yang tidak tahu bahwa salah satu kuliner khas Bali yang terkenal adalah ayam betutu? Yups, bagi Anda pencinta makanan pedas, jangan melewatkan kesempatan untuk menyicipi kuliner yang satu ini. Olahan ayam yang dilengkapi dengan berbagai macam rempah-rempah yang berlimpah dan pedas akan membuat Anda merasa ketagihan!

Lebih uniknya lagi, bumbu rempah tersebut bukan saja dilumuri diluar daging ayam, tetapi dimasukkan juga kebagian dalam perut ayam tersebut agar rasanya lebih nikmat. Setelah itu, ayam tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dipanggang hingga memakan waktu 24 jam. Jadi, tekstur ayam yang lembut, pedas, dan gurih yang akan Anda rasakan dari ayam betutu ini. Ada juga di beberapa tempat yang menyediakan bebek betutu.

Untuk rekomendasi tempat makan ayam betutu yang bisa Anda kunjungi, yaitu:

  • Ayam Betutu Liku (memiliki banyak cabang)
  • Ayam Betutu Khas Gilimanuk (memiliki banyak cabang)
  • Ayam Betutu Men Tempeh di Gilimanuk

Nasi Campur Ayam Bali

Bagi penduduk asli Bali, kuliner yang satu ini biasa mereka jadikan sebagai menu makan sehari-hari. Ada berbagai macam menu pendamping untuk nasi campur berupa lawar ayam, sayur urap, suwiran ayam sisit yang menggunakan bumbu Basa Genep Bali, dan sate lilit. Akan lebih nikmat lagi jika Anda menambahkan sambal embe atau sambal matah khas Bali.

Di setiap rumah makan yang menyediakan kuliner yang satu ini, Anda juga akan melihat berbagai macam pilihan menu pendamping yang tidak akan sama satu dan yang lainnya. Ada yang menyajikannya dengan ikan pindang, daun umbi pedas, kulit ayam goreng, telur sambal tomat, ayam betutu, dan lainnya.

Untuk rekomendasi tempat nasi ayam campur yang bisa Anda kunjungi, yaitu:

  • Nasi Ayam Bu Oki di Jimbaran
  • Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku di Ubud
  • Warung Men Weti di Sanur

Sate Lilit

Jika Anda penggemar makanan sate, Anda harus mencoba kuliner khas Bali yang satu ini. Seperti namanya, sate ini dibuat dengan cara dililit, bukan ditusuk seperti sate pada umumnya. Daging yang akan digunakan akan dicincang halus terlebih dahulu dan dicampurkan dengan bumbu-bumbu khas Bali. Kemudian, dililitkan ke tangkai bambu atau batang daun serai. Untuk rasanya, dijamin nagih dan empuk! Apalagi jika dililitkan dengan batang daun serai, aroma sate lilit tersebut akan menjadi lebih sedap lagi.

Biasanya, daging yang digunakan untuk sate lilit yaitu daging babi, ayam ataupun ikan tenggiri. Jadi, bagi Anda yang muslim, cobalah tanya terlebih dahulu daging apa yang mereka gunakan untuk sate lilit tersebut. Primadona sate lilit di Bali yang mendunia adalah sate lilit yang dibuat dengan ikan tenggiri.

Untuk menemukan kuliner khas Bali yang satu ini, Anda tidak perlu repot-repot mencarinya karena sate lilit ini mudah ditemukan dimana saja. Anda bisa menemukannya di berbagai rumah makan khasi Bali, pedagang makanan pinggir jalan, pasar tradisional, hingga restoran sekalipun. Bahkan beberapa restoran terkenal menghidangkan salah satu kuliner khas Bali ini.

Babi Guling

Ketika Anda berkunjung ke Bali, Anda akan menemukan berbagai macam tempat makan yang menyediakan babi guling. Untuk itu, bagi Anda seorang muslim, harus menanyakan terlebih dahulu daging apa yang mereka gunakan untuk masakan daging mereka. Bisa jadi, mereka menggunakan daging babi untuk olahan daging lainnya.

Warna kulit yang kecokelatan dari babi guling tersebut membuat cita rasa renyah di lidah. Ditambah dengan kaya akan rempah-rempah dan tekstur dagingnya yang empuk menjadikan rasanya lebih enak dan gurih.

Adapun beberapa rekomendasi tempat untuk mencicipi babi guling yang nikmat, yaitu:

  • Warung Babi Guling Pak Dobiel di Nusa Dua
  • Warung Babi Guling Candra di Denpasar
  • Warung Ibu Oka di Ubud
  • Warung Bu Suci Slingsing di Tabanan
  • Warung Jero Kawan di Mengwi

Itulah beberapa daftar kuliner khas Bali yang tak boleh dilewatkan jika Anda berkunjung ke pulau yang eksotis ini. Anda akan merasa menyesal jika Anda tidak mencicipi kuliner khas Bali tersebut. Untuk itu, sempatkanlah sebagian waktu Anda untuk berburu kuliner khas Bali.